Kamis, 25 Maret 2010

Affiliate Program

Salah satu trend bisnis online adalah Affiliate Program, program ini sangat banyak di miliki oleh para pembisnis di internet. Sekedar memberi tahu saja, sudah banyak sekali para pembisnis internet yang meraup keuntungan lewat Affiliate Program.
Hal yang harus kamu tahu sebelum terjun di Affiliate Program adalah tempat berpromosi yang strategis, dengan mengetahui tempat promosi yang strategis kamu bisa meraup keuntungan dari penjualan barang tersebut.
Lalu bagaimana cara kerja Affiliate Program?
Affiliate umumnya sangat mirip seperti sales, yaitu menjual produk orang lain dan menghasilkan keuntungan dari hasil penjualan produk tersebut. Apa sales di sini sama seperti sales di dunia nyata (offline)? Tentu saja sangat berbeda! Jika kamu menjadi seorang sales di dunia nyata, tentunya kamu harus mengejar target penjualan dari barang tersebut, kamu juga harus berkeliling mencari seorang pembeli, juga harus pulang pergi mengambil barang yang akan di jual kembali. Tentunya cukup melelahkan bukan? Sedangkan komisi keuntungan dari penjualan barang pun kadang hanya 10% - 25% dari harga penjualan produk tersebut.
Sangat berbeda jika kamu menjadi seorang sales di internet, yang harus kamu lakukan dan persiapkan hanya koneksi internet, komputer, juga kemampuan berpromosi yang baik. Kamu tidak perlu bepergian untuk menjual barang tersebut, kamu juga tidak perlu pulang pergi untuk mengambil produk dari barang tersebut, dan tentunya komisi pun besar hingga 80% dari setiap penjualan barang tersebut. OK, dari pada hanya membaca dan melihat sebuah tulisan saja, bagaimana jika kamu langsung buktikan dan praktekan semuanya dalam Affiliate Program.
Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah mencari perusahaan affiliate yang menjual berbagai macam produk, seperti e-book, software, applikasi, dll. Lalu dimana perusahaan itu? Tentu saja jawabannya adalah ClickBank. Clickbank adalah salah satu perusahaan affiliate yang terbesar di internet saat ini. Sudah banyak para affiliate clicbank yang mendapatkan $2000 - $5000 dalam satu bulan hanya dengan dengan menjual beberapa produk. Lalu bagaimana cara daftar di ClickBank? Tentu sangat mudah, kamu bisa ikuti instruksi saya di bawah ini :

1. Pertama kamu harus mengunjungi halaman ClickBank, kamu bisa membukanya di www.clickbank.com atau klik di sini.

2. OK, saya harap kamu sudah berada di halaman ClickBank. Cari bacaan Sign Up di bagian Affiliate.

3. Lalu kamu isi semua kolom pendaftaran tersebut, mulai dari negara sampai account nickname. Untuk kolom Street / PO Box, kamu bisa isi dengan alamat rumah kamu.

4. Setelah form pendaftaran di isi dengan benar, kamu klik submit. Jangan lupa untuk memeriksa kembali form pendaftaran tersebut.

5. Setelah kamu klik submit, kamu cek e-mail kamu. Isi dari e-mail tersebut adalah confirmation kode dan sebuah link yang mengarahkan kamu untuk mengkonfirmasi dan menyelesaikan proses pendaftaran kamu.

6. Kamu klik link yang di kirim dari ClickBank, jangan lupa untuk mencatat account nickname dan password yang di kirim dari ClickBank, karena itu sangat di butuhkan untuk kamu saat melakukan login ke member area.

7. Setelah semua proses pendaftaran selesai, kamu bisa login ke halaman member area dan memilih barang untuk di promosikan.

OK, instruksi di atas adalah tahap dan proses untuk melakukan pendaftaran di ClickBank. Lalu bagaimana cara untuk menjual barang dan memilih barang yang ingin kamu jual?
Baik, silahkan kamu santai dulu sejenak, hehehe...
Next, ini adalah tahap untuk mempromosikan barang yang akan kamu jual dari pedagang di ClickBank :

1. Jika kamu saat ini ada di member area, kamu cari kata marketplace di bagian atas sebelah kata log out. Jika sudah terlihat, kamu klik marketplace.

2. Setelah sampai di halaman marketplace, kamu bisa memilih kategori barang yang kamu jual, mulai dari Art & Entertainment, Business / Investing, dll.

3. Setelah kamu menentukan dan memilih produk yang akan kamu jual, kamu klik promote di bagian produk tersebut.

4. Setelah kamu klik promote, maka kamu akan melihat pop-up / jendela baru yang meminta kamu untuk mengisi account nickname dan tracking ID. Kamu isi kolom tersebut dengan account nickname kamu di ClickBank, dan untuk tracking ID, kamu isi dengan password kamu yang di pakai untuk login.

5. Setelah kamu mengisi kedua kolom tersebut, maka kamu akan diberi sebuah link / URL yang harus kamu promosikan. Kamu copy link tersebut, lalu kamu paste di tempat strategis yang bisa di jadikan tempat untuk berpromosi.

Nah, itu adalah tahap untuk menjual suatu barang di Clickbank, selain itu kamu bisa menjual barang di sana, namun kebanyakan product yang di tawarkan ClickBank berupa e-book, software dan applikasi untuk internet dan komputer.
OK, sekarang kamu sudah berhasil menjadi seorang Affiliate di internet. Jika kamu mempunyai strategi promosi yang pintar dan produk yang kamu jual bisa menarik perhatian banyak orang, maka tunggu dollar mengalir yang datang ke rumah kamu.
Jangan lupa juga, isi alamat yang valid, karena system pembayaran di ClickBank tidak lewat bank internet seperti PayPal atau pun AlertPay. Tetapi pembayaran akan di kirim langsung ke rumah kamu lewat cek yang bisa kamu tukarkan di bank.

1 komentar:

NegeriAds.com Solusi Berpromosi Lebih Baik dan Unggul Blog Share | Tips And News 2010 on 26 Maret 2010 pukul 07.12 mengatakan...

affiliate memang salah satu yang bisa memonetisasi blog kita..

sukses terus ya!

Posting Komentar

 

Pengikut

New Post

Sponsor

Review http://bnovice.blogspot.com on alexa.com
Checkpagerank.net

Business For Novice Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts