Jumat, 26 Februari 2010

Memilih Templates Blog.

Pada postingan kali ini, saya ingin berbagi ilmu tentang pentingnya templates atau background sebuah blog. Mengapa ini penting? Jelas penting donk, karena hal pertama yang di nilai oleh pengunjung adalah kerapihan dan seni templates dari blog tersebut.
Seperti yang anda lihat, templates pada blog saya sepertinya masih kurang rapih, masih acak-acakkan coy, hahaha... Tapi gak apa-apalah, yang penting masih bisa anda baca, hahaha...
Ada banyak templates yang bisa anda pilih di website yang menyediakan banyak templates, contoh saja www.btemplates.com atau di blognya akang Rohman, yaitu kolom-tutorial.blogspot.com, dan masih banyak lagi.
Lalu apa yang anda bingungkan sekarang?
Oh ya, saya tau, sepertinya saya belum menyebutkan cara untuk mengganti/mengubah templates jadul menjadi templates modern. Ikuti instruksi saya di bawah ini :

1. Pertama anda harus log in ke account blogger anda.
2. Setelah anda log in, anda pilih Tata Letak pada halaman yang saat ini anda lihat (dasbor).
3. Di bagian Tata Letak, anda pilih Edit HTML.

OK di STOP dulu ya penjelasannya, sekarang minum kopi dulu coy, hehehe...

Lanjut, setelah anda berada di halaman Edit HTML, coba anda buka tab baru di browser anda, lalu ketik di address bar anda www.btemplates.com, karena untuk saat ini hanya www.btemplates.com yang menyediakan banyak templates. Di http://kolom-tutorial.blogspot.com juga ada kok...
OK, setelah anda memilih templates yang anda suka, coba anda download templates tersebut. Setelah anda download templates tersebut, maka anda akan mendapatkan suatu file yang berisi XML (contoh file XML bisa anda download di sini). Nah setelah anda mendapatkan file XML tersebut dalam format ZIP archive, yang harus anda lakukan adalah mencari file di dalam folder ZIP tersebut yang berformat XML document. Setelah anda melihat file tersebut, coba anda klik kanan pada file XML document, lalu klik View File. Setelah anda melihat kode XML tersebut, anda blok semua kode tersebut (Ctrl + A) lalu anda paste (Ctrl + V) kode tersebut di kolom bagian Edit HTML. Ingat! Sebelum anda paste kode tersebut, anda harus menghapus dlu kolom Edit HTML sampai kosong, setelah itu anda paste kode tersebut di kolom Edit HTML.
Setelah anda selesai melakukan paste kode XML tersebut di kolom Edit HTML, lalu klik simpan templates (sebaiknya di PRATINJAU dulu).
Nah, blog anda sekarang sudah ganti kostum deh...
Keren gak? Bagus gak? Lucu gak? Menarik gak? Hahahaha...
Bagi yang belum berhasil, jangan pernah menyerah untuk mencoba ya, good luck blogging...!!

1 komentar:

Unknown on 3 Maret 2010 pukul 23.37 mengatakan...

yang lebih costumise ada gak ????misal buat readmore

Posting Komentar

 

Pengikut

New Post

Sponsor

Review http://bnovice.blogspot.com on alexa.com
Checkpagerank.net

Business For Novice Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts