Jumat, 26 Februari 2010

Memulai Ciptakan Blog

Rata-rata dari pemain bisnis online adalah mempunyai blog! Ya, itu adalah hal pertama yang mereka lakukan sebelum memulai bisnis. Lalu bagaimana caranya untuk membuat blog?
OK, mungkin di sini saya akan menjelaskannya secara detail, semoga anda yang menyimak bisa mengerti.
Pertama anda harus mengunjungi situs www.blogger.com, atau anda juga bisa menciptakan fasilitas blog lainnya di www.wordpress.com, www.blogged.com, dll. Namun saya sarankan anda menciptakan blog di www.blogger.com.

Gambar di atas adalah snapshoot dari www.blogger.com, dan jika anda sudah melihat halaman tersebut, anda bisa langsung klik BUAT BLOG.
Nah, setelah anda klik BUAT BLOG, di sana anda akan di arahkan ke halaman baru yang mengharuskan anda mengisi kolom berikut ini :


Baik, setelah anda selesai mengisi semua kolom di atas, langkah selanjutnya adalah klik LANJUTKAN.
Setelah anda klik LANJUTKAN, anda juga harus mengisi beberapa kolom berikut :

Judul Blog :

URL Blog :

Verifikasi Kata :

Baik, bila anda masih belum mengerti untuk mengisi ketiga kolom tersebut, di sini akan saya jelaskan juga definisinya.
Judul Blog adalah judul halaman, seperti contoh judul halaman saya sendiri adalah Bisnis Untuk Pemula. Anda bisa bebas memilih Judul Blog yang sesuai dengan artikel yang akan anda buat, jika anda ingin membuat artikel tentang masakan, anda bisa memberi Judul Blog dengan Menu Masakan, Cara Memasak, dll. Sesuai dengan kategori anda sendiri (namun sayangnya saya gak pinter memasak, ajarin donk, hahaha...)
URL Blog adalah alamat blog anda, contoh saja URL Blog saya adalah bnovice.blogspot.com. Anda bisa bebas memilih nama URL Blog selama nama itu masih tersedia, namun jika nama sudah tidak tersedia, anda harus mempunyai alternative untuk memilih nama yang lain. Anda bisa cek ketersediaan nama URL tersebut dengan cara klik Cek Ketersediaan. Jika nama alamat yang anda inginkan masih tersedia, maka anda bisa langsung ikuti ke tahap selanjutnya dengan klik LANJUTKAN! Tapi jika nama alamat yang anda inginkan tidak tersedia, itu artinya nama alamat tersebut sudah terpakai oleh orang lain, dan anda harus mencari alternative lain untuk memberi nama alamat blog anda. Sedikit saran, ada baiknya anda memberi nama alamat blog dengan nama yang mudah di ingat oleh pengunjung, karena jika nama terlalu panjang dan rumit, biasanya pengunjung malas untuk mengingatnya.
Verifikasi Kata, sebenarnya hal ini tak seharusnya di jelaskan lagi, karena saat ini murid Sekolah Dasar sekalipun sudah bisa menuliskan Verifikasi Kata yang di perintahkan tanpa instruksi lagi, hehehe...

Baik, blog anda sudah selesai di buat. Tahap selanjutnya adalah memilih Templates (background) blog anda, lalu membuat artikel blog yang sesuai dengan Judul Blog anda. Ingat, artikel tersebut jangan sampai keluar dari kategori, jika anda memilih kategori musik, maka anda harus (sewajarnya) membuat artikel tentang musik dan yang bersangkutan dengan musik. Intinya jangan sampai anda selingkuh, karena jika anda membuat artikel tentang musik, namun di dalamnya ada artikel tentang bisnis, tentu hal ini akan membuat pengunjung bingung dan biasanya malas untuk mengunjungi blog anda.
OK, kita langsung ke tahap selanjutnya ya...
Jangan lupa untuk terus di simak...

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut

New Post

Sponsor

Review http://bnovice.blogspot.com on alexa.com
Checkpagerank.net

Business For Novice Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts