Jumat, 26 Februari 2010

Membuat Artikel Blogger

Ini dia, salah satu tahap yang paling penting untuk para novice blogger (blogger pemula). Sebelumnya saya ingin bercerita dulu, sebelumnya ada seorang teman saya yang bertanya begini, kenapa mau buat artikel aja harus belajar? Anak SD juga bisa kok bikin cerita atau artikel yang menarik!
Anda harus ingat, sesuatu yang kecil dan sangat kecil bisa menjadi besar. Begitu juga dengan cara membuat artikel, jika di pikir sepintas cara membuat artikel atau cerita itu memang mudah. Namun, penulisan, pembendaharaan kata di setiap orang tidak sama. Terkadang penulisan tersebut bisa mudah di mengerti, dan terkadang penulisan tersebut sulit untuk di pahami, itu di sebabkan karakter dan pola berpikir di setiap manusia tidak sama.
Begitu juga dengan belajar membuat artikel, jika anda sering membaca artikel yang anda buat, maka anda akan mengerti sisi kelemahan dari cara penulisan artikel anda sendiri. Lalu apa yang akan saya ajarkan dalam session pembuatan artikel??
OK, membuat artikel blogger itu memang menyenangkan, bagi mereka yang suka menulis atau membuat cerpen, novel. Tapi harus anda ketahui juga, ada 2 jenis artikel yang nantinya akan anda miliki, yaitu artikel pribadi dan artikel publikasi.
Apa itu artikel pribadi?
Artikel pribadi adalah suatu tulisan atau cerita yang isinya tak bisa orang lain lihat, terkecuali oleh anda sendiri dan orang-orang yang anda percaya, contoh seperti pacar, sahabat, teman, dll.
Apa itu artikel publikasi?
Artikel publikasi adalah suatu tulisan yang bisa di baca dan di lihat oleh siapa pun yang menemukan artikel tersebut, seperti contoh artikel milik saya. Artikel yang saya buat adalah artikel publikasi, jadi tak mungkin saya membuat artikel tentang curahan hati, kehidupan pribadi, atau kisah asmara saya. Terkecuali jika dasarnya ingin berbagi dan saling bercurah hati sesama penulis blogger tentang kehidupan pribadi (rasanya belum ada tuh kisah penulis blogger yang saling curah hati, atau saya yang tidak tau ya? Ha... Ha... Ha...).
Lalu apa bedanya Artikel Pribadi dan Artikel Publikasi?
Jelas sangat berbeda, jika di artikel pribadi anda bisa bebas menuliskan apapun yang menjadi kekesalan, kekecewaan, kesedihan, juga semua yang menyangkut tentang diri anda. Tanpa di ketahui oleh orang lain, kecuali ada izin dari anda. Artikel pribadi juga mempunyai dasar penulisan bebas dan di tulis sesuai dengan keadaan hati juga keinginan anda pada situasi tertentu. Berbeda dengan artikel publikasi, di artikel publikasi anda harus bisa sebisa mungkin menggunakan metode penulisan yang mudah di mengerti oleh orang lain, juga bisa mengajak orang lain untuk melakukan praktek dari isi tulisan tersebut. Contohnya, jika anda menuliskan artikel sebuah produk handphone yang akan anda jual. Maka di sini peran anda sebagi penjual harus bisa mengajak calon pembeli agar tertarik kepada produk yang anda tawarkan, anda bisa menuliskan tentang produk tersebut dengan apa adanya (boleh juga di lebih-lebihkan, asal jangan keterlaluan dan di luar keadaan produk tersebut), jujur. Kunci utama agar bisnis anda sukses adalah jujur, jika para pembeli atau para pengunjung mengetahui produk anda tak pernah sesuai dengan kenyataan yang anda tulis, otomatis para pembeli akan mencari pedagang lain yang lebih bermutu kualitasnya.
Lalu, bagaimana cara anda membuat (menulis) sebuah artikel di blog?
Pertama anda log in terlebih dahulu ke www.blogger.com, lalu pada halaman dasbor anda klik Entri Baru. Setelah anda klik Entri Baru, anda akan melihat halaman di bawah ini :


Next, setelah anda melihat halaman tersebut, yang perlu anda lakukan adalah memberi judul artikel anda, lalu mengisi tulisan di bawah judul artikel tersebut.
Mudah bukan?
Tulislah artikel yang bisa membuat orang lain tertarik. Anda bisa menuliskan artikel tentang kesehatan, kesenian, liburan, seputar kehidupan, life style, dll. Sesuai dengan kategori blog yang anda pilih.
OK, keep blogging!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut

New Post

Sponsor

Review http://bnovice.blogspot.com on alexa.com
Checkpagerank.net

Business For Novice Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts